kamar tidur anak

Cara Menata Kamar Tidur Anak

Anak merupakan anugerah terbesar dan terindah yang diberikan Tuhan kepada seluruh manusia. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya para orang tua harus memberikan yang terbaik untuk anak – anaknya, apapun itu. Salah satu kewajiban orang tua kepada anak – anaknya adalah menyediakan ruangan khusus dalam rumah yang digunakan untuk tempat beristirahat atau tidur anak – anaknya.

Kamar tidur anak wajib dibuat karena ruangan ini bisa mereka gunakan untuk melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi mereka, selain untuk tidur, kamar ini juga bisa mereka gunakan untuk belajar, berkumpul bersama teman – teman sebayanya dan masih banyak lagi kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan anak – anak di kamar tidurnya.

Mengingat begitu sangat pentingnya kamar tidur anak tersebut, maka anda harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara menata kamar tidur anak tersebut agar anak – anak anda merasakan kenyamanan yang tinggi saat berada di dalamnya. 

Image result for Cara Menata Kamar Tidur Anak

Ada beberapa hal berkaitan dengan cara menata kamar tidur anak yang harus anda lakukan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan bunk bed yang kuat dan aman. Saat ruang yang dimiliki terbatas, menggunakan dua ranjang berdampingan sebaiknya tidak dijadikan pilihan. Satu-satunya solusi praktis dari masalah ini adalah menggunakan bunk bed atau ranjang susun. Desain dari bunk bed tersebut juga harus praktis dan tidak memakan ruang berlebih.
  2. Manfaatkan semua sisi ruangan kamar tidur. Kamar tidur anak membutuhkan banyak storage atau wadah penyimpanan. Kalau kamu memiliki lebih dari satu anak, artinya harus ada tempat penyimpanan lebih banyak. Untuk itu, manfaatkanlah setiap sisi dan sudut dalam kamar tidur tersebut semaksimal mungkin, bahkan sampai ke belakang pintu.
  3. Pilih perabot multifungsi. Diperlukan ruang-ruang penyimpanan tambahan agar tidak banyak barang berserakan di dalam kamar. Penggunaan produk yang multifungsi pada kamar tidur anak seperti bunk bed berlaci bisa membantu menambah ruang untuk menyimpan barang. 
  4. Hindari kamar tidur yang tematik. Kamar tidur anak biasanya didekorasi dengan tema-tema khusus. Kamar tidur untuk perempuan misalnya, memakai barang-barang serba pink dengan dekorasi dinding khas istana di negeri dongeng. Untuk anak laki-laki sebaliknya, kamarnya serba berwarna biru dan penuh dengan elemen dekorasi bertema otomotif. Nah, untuk kamar tidur yang digunakan oleh dua orang, sebaiknya menghindari penerapan tema  yang penuh aksen seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *